Senin, 12 Maret 2012

Pendefinisian Kebudayaan

Kebudayaan itu ibarat sebuah lensa dimana seperti hal nya saat kita menggunakan lensa, untuk meneropong sesuatu kita harus memilih suatu objek tertentu yang akan dilihat secara fokus. Beberapa orang awam mengartikan kebudayaan merupakan sebuah seni. Padahal sebenarnya kebudayaan itu bukan hanya sekedar seni. Kebudayaan melebihi seni itu sendiri karena kebudayaan meliputi sebuah jaringan kerja dalam kehidupan antar manusia .
Beberapa teori kebudayaan dan implikasibnya dalam pendidikan:
Tiga pandangan menganani kebudayaan:
1.Pandangan super organis
2.Pandangan konseptualis
3.Pandangan realis

1: emile durkhem “kebudayaan terdiri dari fakta2 sosial dan representatisi kolektif artinya cara berfikir ,bertindak dan merasa bersifat independent dan berada di luar individu.” Kebudayaan yang dipahami sebagi totalitas fakta2 sosial bersifat immenen dan transeden” maksudnya di satu pihak kebudayaan bekerja dalam individu ,pada pihak lain kebiudayaan ada di luar merka dalam bentuk respresentativ kolektif terhadap mana merka yang harus menysuaikan diri”
Implikasi pandangan super organic terhadap pendidikan
          a.Pendidikan adala hsebuah proses dimana kebudayaan mengontrol orang dan membentuknya sesuai dengan tujuan kebudayaan . sebagi alat yang digunakan masyrakat u/ melaksanakan kegiatanya dalam mencapai tujuan.
          b.Pendidikan dangan sup or juga berimplikasi pd pengawasan pendidikan yang ketat dari pemerintah untuk menjamin guru2 menanamkan diri generasi muda tentang gagasan2, sikap2, dan ketarampilan 2 yang perlu bagi kelanjuatan kebudayaan.
          c.Jika perilaku masyarakat ditentuka oleh kebududayaan, maka kurikulum sekolah yang merupakan salah satu insrtumen dalam penddidkan harus dikembangakan atas kajian langsung dan kebuda sekarang dan masa depan.

Ad 2 pandangan koseptulis yang mengatakan bahwa kebudayaan itu berada di dalam pikiran manusia dan manusaia sebagi pembentuk kebudayaan.
pandangan kosnseptualis yaitu kebudayaan dipelajari sesuai dengan minat dan perhatian anak sebab kebudayan akan menggambarkan kualitas dari perilaku individu.

Ad 3.pandangan realis yaitu kebudayaan merupakan sebuah abtraksi dalam arti bahwa tidak semua kegiatan budaya dapat diamati.
Pandangan realis berkeinginan agar system pendidikan akan dapat melatih individu untuk mepertimbangak ,mengkrtisi dan merubah kebudayaan sesuai dengan nilai2 yang merka butuhkan.
Relativisme budaya mengikiti keunikan buidaya dan harus dianalisa sendiri-sendiri menurut budayaya masing-masing .sedangkan universalisme budaya walaupun mengikiti keragamabn budaya tetepi pada hakekatnya ada sifat2 yang sama yang universal dankebudayaan masyarakt di dunia.

Kesimpulan
Kebudayaan sangatlah mencangkup hal yang sangat luas bukan hanya sekedar seni tapi mencangkup pendidikan agama dan lain-lain. Kebudayaan terus berkembang dari zaman ke zaman. Tidak semua kebudayaan dapat di terima manusia seiring dengan perkembangan zaman. Semakin berkembangnya zaman semakin banyak individu-individu yang jaarang bersosialisasi atau berinteraksi secara langsung (tatap muka) dengan orang lain.
Pendidikan kepada para siswa tentang kebudayaan sangatlah perlu di tanamkan karena agar nantinya generasi yang akan datang dapat menjaga kebudayaan agar tidak punah atau di ambil oleh bangsa lain.
          Kebudayaan mencerminkan prilaku bangsa jadi semakin banyak kebudayaan yang kita miliki dan jaga maka semakin beraneka ragam juga kebudayaan yang kita miliki dan kita lestarikan.

dikutio dari :
http://carapedia.com/pengertian_definisi_kebudayaan_menurut_para_ahli_info495.html

http://tentangkomputerkita.blogspot.com/2010/01/bab-2.html
 
http://www.google.co.id/imgres?q=kebudayaan&um=1&hl=id&noj=1&tbm=isch&tbnid=_dlI0K_hw_PYGM:&imgrefurl=http://adityadidud.wordpress.com/2011/
 
http://www.google.co.id/imgres?q=kebudayaan&um=1&hl=id&noj=1&tbm=isch&tbnid=tgF2W5dzQTwXFM:&imgrefurl=http://windyku.wordpress.com/2011/02/13/3-wujud-kebudayaan-menurut-dimensinya/&docid=qRvWvyBHD1NRsM&imgurl=http://windyku.files.wordpress.com/2011/02/hubungan-manusia-dengan-kebudayaan.gif&w=250&h=335&ei=ANddT-PRBsyrrAfE_YCZDA&zoom=1&biw=1280&bih=69704/15/hello-world/&docid=2AQYhK9Alp_4XM&imgurl=http://adityadidud.files.wordpress.com/2011/04/logobetangfb.jpg&w=400&h=540&ei=ANddT-PRBsyrrAfE_YCZDA&zoom=1&biw=1280&bih=697

Tidak ada komentar:

Posting Komentar