Minggu, 10 November 2013

Apa Kaitannya Sebuah Font Dengan GUI

Pada tulisan ke dua kali ini saya akan membahas “Apa kaitan sebuah font dengan GUI ?”. Dengan GUI perintah dapat dikonversi menjadi ikon dalam layar monitor yang dapat diklik untuk memulai fungsinya. Grafik interface lebih memberikan kenyamanan ketika membaca sebuah artikel melalui gadget anda.
Tataletak dan tampilan dalam grafik interface sangat mempengaruhi kenyamanan misalnya seseorang membaca sebuah artikel di sebuah web melalui gadget nya, seseorang itu pasti akan merasa tidak nyaman bila artikel yang ia baca memiliki tulisan yang bersepasi terlalu dempet dan dengan jarak antar baris terlalu berdekatan pasti artikel tersebut menimbulkan kesan membosankan dan tidak enak untuk dibaca.

Selain itu iklan dan banner yang terlalu berlebihhan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu pandangan karena pada saat kita sedang membaca sebuah artikel disadari atau tidak pada saat tiba-tiba muncul sebuah iklan maka mata kita akan melihat ke iklan yang muncul tersebut berarti iklan dan banner yang berlebihan dapat mengganggu focus konsentrasi si pembaca.

Lalu bagaimana dengan website google.com? biasanya jika kita membuka google.com pasti mata kita hanya terfokus kepada kotak pencarian tanpa menghiraukan pilihan yang ada di sekitarnya. Dan mengapa orang-orang tidak bosan mencari informasi dengan menggunakan google? karena tampilan web di google tidak ramai dengan hanya terdapat background putih di belakang tulisan dan tidak ada iklan yang muncul sehinggan tidak menghilangkan focus pencarian, lagipula walaupun hanya terdapat banyak kalimat tanpa nomer tetapi tampilan google dengan jarak yang rapih dan teratur dengan tulisan yang tidak bergaya macam-macam menyebabkan kita enak untuk mencari hal-hal yang kita inginkan. Beda dengan situs web atau berita, yang pada saat kita buka alamat websitenya langsung menampilkan banyak gambar ,gradasi warna dan iklan yang bermunculan pasti membuat kita bingung .

Bukan bebarti sebuah web tidak perlu menampilkan iklan atau gambar, iklan dan gambar perlu tetapi letak penempatannya harus di posisikan sedemikian rupa agar tidak mengganggu pembaca dan pandangan. Sama halnya seperti iklan yang berbentuk pop-up, selama ini kebanyakan dari kita  jika membuka website dan muncul iklan berbentuk pop –up tanpa membaca pasti kita langsung mencari tombol exit supaya cepat keluar dari iklan tersebut dengan kata lain menurut saya iklan berbentuk pop –up kurang di minati pembaca.

menurut http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-sejarah-singkat-gui/ ternyata penggunaan graphical user interface juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik. Sebagai contoh adalah ATM milik bank. Meskipun berbasis teks, namun sudah dianggap semi GUI karena pengguna tidak perlu mengetikkan perintah untuk mentransfer uang. Anda hanya perlu menekan tombol yang sejajar dengan menu yang ada. Bahkan saat ini mesin ATM bank sudah banyak yang dilengkapi dengan layar sentuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar