Sabtu, 09 November 2013

Bagaimana Sebuah Font Dapat Diterima Dimasyarakat

Pada tugas softskill kali ini saya akan membahas “Bagaimana Sebuah Font Dapat diterima di Masyarakat”. Menurut saya ada beberapa hal yang membuat sebuah font di gunakan untuk menuliskan sesuatu kata dengan tujuan tertentu. Ada suatu ilmu yang membahas mengenai teknik pemilihan font yang di sebut dengan “ Typography” (seni dan teknik pemilihan, penataan dan pengaturan huruf pada ruang-ruang yang tersedia, sehingga dapat menimbulkan kesan tertentu dan pesan yang tersampaikan sesuai dengan apa yang diharapkan.)

Gambar 1.1

Seorang penulis biasanya memilih sebuah font tergantung dengan keperluannya contohnya dalam menuliskan surat resmi seseorang pasti akan memilih menulis dengan menggunakan font Times New Roman karena dengan menggunakan font tersebut tulisan akan menjadi lebih formal dan tidak terkesan main-main lain halnya dengan orang yang menulis sebuah surat resmi menggunakan font Goudy Stout pasti pihak yang menerima surat resmi tersebut akan merasa tidak berkesan karena font Goudy Stout tersebut menjadikan sebuah tulisan menjadi tebal dan menjadi huruf capital.

Lain lagi ceritanya jika sebuah font di gunakan untuk menulis sebuah surat undangan perkawinan. Karena seseorang yang membuat surat undangan pasti akan memilih font yang cenderung lebih soft atau memancarkan keindahan contohnya adalah Edwardian Script ITC karena dengan menggunakan font tersebut sebuah surat undangan akan menjadi cantik dengan tulisan sambung.

Dalam pemilihan font juga bisa di pengaruhi dengan suasana hati.  Misalnya dia dalam keadaan mood yang baik biasanya dia cenderung akan memilih font yang rapih dan enak untuk di lihat, akan tetapi bila dia sedang dalam keadaan mood yang kurang baik dia pasti cenderung menggunakan font yang biasa- biasa saja.

Ternyata selain jenis font yang dapat di terima di masyarakat ilmu tipografi mengharuskan seorang desainer untuk mempertimbangkan beberapa hal untuk mengaplikasikan huruf kedalam desain tulisan yaitu:

1.       Size (Ukuran setiap jenis huruf berbeda satu sama lain. Ada font bentuknya besar dan lebar, ada juga yang tipis dan kecil. Dua font yang berbeda meski diketik dengan ukuran yang sama tidak selalu terlihat berukuran sama. Sebagai contoh, font Times New Roman dan Arial ketika diketik dengan ukuran 12pt, font Times New Roman akan terlihat lebih kecil karena kedua font ini memang memiliki tinggi yang berbeda. Sesuaikan ukuran huruf dengan desain yang kamu inginkan serta audience yang ditargetkan).

2.       Leading Yang dimaksud dengan leading adalah jarak spasi yang ada antara tiap baris tulisan. Agar tulisan mudah dibaca, disarankan ukuran leading lebih besar daripada ukuran font nya. Bisa 1.25 atau 1.5 kali lebih besar dibanding fontnya. Hindari jarak antar baris terlalu dekat atau terlalu jauh agar tidak sulit dibaca.

3.       Tracking dan Kerning (Tracking dan Kerning adalah pengaturan jarak antar huruf. Tracking mengatur dan mengaplikasikan jarak antar huruf yang sama secara general. Nah, terkadang jarak yang dipukul rata ini membuat tulisan terlihat timpang; sebagian terlihat cukup, tapi sebagian lainnya terlihat terlalu dekat atau jauh. Dalam kasus seperti ini lah kerning diperlukan, sebab kerning mengatur jarak antar sepasang karakter saja, sehingga dapat menyesuaikan jarak sesuai kebutuhan dan membuat suatu kelompok karakter terlihat konsisten dalam hal jarak antar hurufnya.).

4.       Measure (mengacu kepada lebar kolom tulisan. Hal ini mungkin terlihat tidak penting, tapi sebenarnya pengaturan lebar kolom dapat mempengaruhi keterbacaan tulisanmu, sebab mata akan cepat lelah apabila harus membaca kolom yang panjang berulang kali dan tidak dapat dipungkiri pembaca malas membaca tulisan yang terlalu panjang. Itulah sebabnya koran mengatur kolom tulisannya pendek dan singkat agar tidak melelahkan ketika dibaca). 

sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat :D mohon maaf apabila ada kesalah dalam penulisan atau pengartian.

Sumber di kutip dari : http://blog.flux-design.us/konsep-tipografi-dalam-desain-logo/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar